Australian
Accounting Standards Board (AASB) adalah lembaga pemerintah Australia
yang mengembangkan dan memelihara standar pelaporan keuangan yang
berlaku untuk entitas di sektor swasta dan publik dari ekonomi
Australia.
AASB mempunyai
tanggung jawab untuk membuat standar baik sektor publik maupun sektor
pribadi dan bebas untuk mencari tim dan staf. The AASB menggunakan
kerangka kerja konseptual, yang meliputi Laporan Akuntansi Konsep (SAC 1
Definisi Pelapor dan SAC 2 Tujuan Tujuan Umum Pelaporan Keuangan) yang
dikembangkan oleh mantan AASB dan Sektor Publik Dewan Standar Akuntansi
(PSASB), untuk mengevaluasi usulan standar akuntansi.
Sejak tahun 2002,
AASB mengadopsi Dewan Standar Akuntansi Internasional (IASB) untuk
periode pelaporan keuangan yang dimulai pada atau setelah tanggal 1
Januari 2005. Pada bulan Juli 2004, AASB mengadopsi sejumlah standar
yang berlaku dari tahun 2005, termasuk:
- Standar Akuntansi Australia yang mengadopsi Standar IASB
- Standar AASB yang mendukung Standar Akuntansi Australia yang mengadopsi IASB
- Standar AASB Lain yang berlaku untuk entitas jenis tertentu
GAAP Australia
dibuat untuk membantu pengguna antara lain, pemerintahan, auditor,
pengguna, regulator, akademisi, dan mahasiswa. Dalam kesempatan kali ini
penulis bermaksud menyajikan data yang didapat dari Kementerian
Keuangan Australia mengenai standar akuntansi akrual mereka dan
memperbandingkannya dengan standar akuntansi akrual dalam negeri.
Harapan saya dapat menggali pengetahuan lebih dalam mengenai praktik
akuntansi akrual.
PERBANDINGAN PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN INDONESIA DAN AUSTRALIA
NEGARA KESATUAN
REPUBLIK INDONESIA
|
NEGARA PERSEMAKMURAN
AUSTRALIA
|
||
1.
|
Rencana Penerapan Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual:Selambat-lambatnya 2015.
|
1.
|
Telah menganut basis Akrual
|
2.
|
Periode Pelaporan:
1 Januari 20XX – 31 Desember 20XX
|
2.
|
Periode Pelaporan:
1 Juli 20XX – 31 Juni 20XX
|
3.
|
Standar:PSAP melalui Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan
|
3.
|
Standar:Setiap
Tahun standarnya dapat berubah disesuaikan dengan kebutuhan atas
pengelolaan AASB. Untuk pelaporan keuangan pemerintahan mengacu pada: AASB 1049-Whole of Government and General Government Sector Financial Reporting. Asumsi diambil periode pelaporan:
“1 Juli 2010 s.d. 31 Juni 2011”
|
4.
|
Hal-Hal yang diatur dalam PSAP:
|
4.
|
Standar Akuntansi yang digunakan untuk periode 1 Juli 2010 s.d. 31 Juni 2011:
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2010
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2009
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2009 that end on or after 30 Jun 2009
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2009 that end on or after 30 Jun 2009
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jul 2009
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2010
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2009
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2009 that end on or after 30 Jun 2009
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jul 2009
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jul 2010
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2009 that end on or after 30 Jun 2009
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jul 2010
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2010
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jul 2009
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2009 that end on or after 30 Jun 2009
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jul 2008
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2011
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2009 that end on or after 30 Jun 2009
Applies to reporting periods ending on or after 30 Jun 2010
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jan 2009
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jul 2008
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jul 2008
Applies to reporting periods beginning on or after 01 Jul 2008
Applies to reporting periods ending on or after 31 Dec 2005
|
5.
|
Penerapan Akrual engakuan pendapatan dan beban, maupun pengakuan aset, kewajiban, dan ekuitas
|
5.
|
Penerapan Akrual :Mengakui aset, kewajiban, pendapatan,biaya dan arus kas dari semua entitas di bawah kontrolpemerintah
|
6.
|
Komponen Laporan Keuangan :
|
6.
|
Komponen Laporan Keuangan :
|
7.
|
Unsur-Unsur Laporan Realisasi Anggaran :
|
7.
|
Laporan mengenai
anggaran seluruh entitas pemerintahan dan GGS disajikan ke parlemen,
seluruh laporan keuangan pemerintah dan GGS harus mengungkapkan:
|
8.
|
Unsur-unsur Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih:
|
8.
|
Idem
|
9.
|
Unsur-unsur dalam Laporan Operasional:
® PENDAPATAN ASLI DAERAH
® PENDAPATAN TRANSFER
® LAIN-LAIN PENDAPATAN YANG SAH
® Beban Pegawai
® Beban Belanja Barang
® Beban Bunga
® Beban Subsidi
® Beban Hibah
® Beban Bantuan Sosial
® Beban Penyusutan
® Beban Transfer
® Beban Lain-lain
® Pendapatan Luar Biasa
® Beban Luar Biasa
|
9.
|
Statement of Comprehensive Income
® Taxation revenue
® Other revenue
® Employee benefits expense
® Use of goods and services
® Depreciation
® Interest, other than swap interest and superannuation interest expenses
® Subsidy expenses
® Grants
® Social benefits
® Income tax expenses
® Superannuation net interest expenses
® Other revenue
® Net foreign exchange gains/(losses)
® Net gain on sale of non-financial assets
® Net gain on financial assets or liabilities at fair value through operating result
® Net actuarial gains
® Amortisation of non-produced assets
® Doubtful debts
® Share of net profit/(loss) from associates, excluding dividends
OPERATING RESULT
® Revaluations
® Net gain on
equity investments in other sector entities measured at proportional
share of the carrying amount of net assets/(liabilities)
® Net gain on financial assets measured at fair value
|
10.
|
Unsur-unsur Laporan Perubahan Ekuitas:
® Koreksi Nilai Persediaan
® Selisih Revaluasi Aset Tetap
® Lain-Lain
|
10.
|
Unsur-unsur Laporan Perubahan Ekuitas:
® Koreksi Nilai Persediaan
® Selisih Revaluasi Aset Tetap
® Lain-Lain
|
11.
|
Pos-Pos yang disajikan di dalam Neraca:
|
11.
|
Statement of Financial Position:
® Cash and deposits
® Accounts receivable
® Securities other than shares
® Loans
® Advances
® Shares and other equity
® Produced assets
® Non-produced assets
® Deposits held
® Accounts payable
® Securities other than shares
® Borrowing
® Superannuation
® Provisions
|
12.
|
Unsur-unsur dalam Laporan Arus Kas:
® Arus Masuk Kas
® Arus Keluar Kas
® Arus Masuk Kas
® Arus Keluar Kas
® Arus Masuk Kas
® Arus Keluar Kas
® Arus Masuk Kas
® Arus Keluar Kas
|
12.
|
Statement of Cash Flows:
® Cash received
® Cash paid
® Non-Financial Assets
® Financial Assets (Policy Purposes)
® Cash received
® Cash paid
|
13.
|
CaLK
|
13.
|
CaLK
|
Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang sesuai keinginan Anda? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.
BalasHapusHubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang yang Anda inginkan.
Kategori Bisnis
Bisnis Merchandising.
Bisnis manufaktur
Bisnis Hibrid.
Kepemilikan tunggal
Kemitraan.
Perusahaan.
Perseroan terbatas.
pinjaman pribadi.
pinjaman investasi.
Pinjaman Hutang.
Kredit Pemilikan Rumah.
Pinjaman hipotek
Laon otomatis.
Pinjaman pelajar.
Pinjaman bayaran.
Pinjaman syariah.
Pinjaman pertanian.
Pinjaman gereja.
PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
Email: karinaloancompany @ gmail com WhatsApp only +1 (585) 708-3478.
Nama Facebook: Elena karina Roland
instagram: karina roland